Strategi Pemasaran

Pemasaran (Marketing)

Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan produk   yang bisa memuaskan kebutuhan konsumen aktual maupun potensial.

 

Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Mengetahui apa saja yang diinginkan oleh konsumen yang berkenaan dengan produk, kinerja serta kualitas adalah tahap pertama yang sangat penting dari kegiatan pemasaran. Yang akhirnya pemasaran usaha memiliki tujuan yaitu :

·      Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan toko dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang di jual.

·      Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

 

Untuk kegiatan bisnis skala kecil seperti usaha isi ulang parfum, di mana pengusaha tidak memiliki modal dalam jumlah besar, ini artinya pengusaha memerlukan cara berpikir yang menyeluruh pada saat ia menerapkan strategi pemasaran, yaitu serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :

·      Faktor mikro, yaitu suplier, pesaing dan masyarakat

·      Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, dan sosial/budaya.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran :

A. Dari sudut pandang Pengusaha :

1.  Tempat yang strategis (place),

2.  Produk yang bermutu (product),

3.  Harga yang kompetitif (price), dan

4.  Promosi yang gencar (promotion).

 

B. Dari sudut pandang konsumen :

1.  Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),

2.  Biaya konsumen (cost to the customer),

3.  Kenyamanan (convenience), dan

4.  Komunikasi (comunication).

 

Promosi (Promotion)

Promosi merupakan hal yang wajib dilakukan dalam suatu bisnis, begitupun dalam membangun bisnis refill parfum ini diperlukan promosi yang cukup. Promosi yang dilakukan biasanya below the line seperti (spanduk, neon box, billboard, pamplet/brosur, stiker, paper bag). Semakin luas anda mempromosikan toko anda semakin banyak bertambah pelanggan-pelanggan anda. Untuk promosi neon box dan billboard jangan lupa untuk membayar pajak nya ke pemerintah setempat. Selain below the line anda juga boleh mencoba dengan cara above the line seperti bekerjasama dengan radio, ataupun TV lokal dengan sistem burter product. Nah, cara yang efektif untuk berpromosi yaitu word to mouth walaupun pelan tetapi pasti. Untuk itu, biasakan kepada pelanggan kita untuk mengajak teman-temannya, keluarganya ataupun kerabatnya untuk datang ke toko kita dengan cara memberikan bonus buat pelanggan kita.

 

Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan , bahwa penjualan parfum yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Kemudian pengusaha harus dapat benar-benar menciptakan volume penjualan di tingkatan toko yang menghasilkan laba, jadi tidak hanya berorientasi melakukan promosi dan penjualan semata.

 

Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik antara pengusaha,karyawan,suplaier guna pemenuhan kebutuhan konsumen baik kualifikasi parfum yang kita pasarkan maupun pelayanan.

 

Jalankan usaha anda dengan metode pemasaran yang cerdas, ini penting sekali karena menjalankan usaha tidak sekedar menghasilkan sebuah produk, masalah yang lainnya adalah memasarkannya. Di sini anda perlu ketangguhan. Yakin lah dengan antusiasme anda bisa menemukan metode pemasaran yang akurat.Dalam hal ini realitas adalah guru yang terbaik bagi anda”

 

 

Thu, 21 Jan 2010 @11:51

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

wilujeung sumping di web abah !!!
image

Hadi 'abah' Firmansyah

081322211106


Komplek KPAD Sriwijaya
Jl. Sriwijaya VII No. 2 Cimahi-Jawa Barat
Tlp : (022) 6657240
Call Canter :
Tlp : (022) 85448686/081809095158
Fax : (022) 85448686
Email :
aromania-parfume.com
Website:
www.aromania-parfume.com
www.hadifirmansyah.com
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru

Arsip

SLINK
peluang usaha refill parfume
image

Aromania Parfume kini melayani penjualan bibit parfum isi ulang secara online, hal ini untuk memenuhi permintaan mitra dan para calon mitra untuk mendapatkan media informasi yang lebih modern dari distributor untuk lebih memperlancar kegiatan usahanya. Media informasi melalui internet ini diharapkan dapat memenuhi pelayanan dan kemudahan bertransaksi dimanapun mitra dan calon mitra Aromania berada

Copyright 2014 hadifirmansyah All Rights Reserved